Atasi Nyeri Haid dengan 4 Cara Mudah Berikut

December 25, 2020 Kesehatan  No comments


Nyeri haid seringkali dialami oleh wanita yang sedang menjalani masa menstruasi. Hal ini adalah hal yang lazim dan lumrah dialami oleh wanita bahkan terjadi hampir setiap bulan. Berbagai cara dilakukan untuk mengatasi nyeri haid berdasarkan tingkat keparahan yang dialaminya, baik dengan cara yang alami dan dengan mengonsumsi obat pereda nyeri haid.

Nyeri haid juga bisa menimbulkan nyeri pinggang, rasa tidak nyaman di perut, mual, pusing hingga muntah. Apabila mengalami kondisi tersebut dengan intensitas yang ringan sampai sedang, ada baiknya melakukan tindakan untuk mengatasinya. Lalu, bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri haid? Simak informasi di bawah ini.

  • Cara Mudah Untuk Mengatasi Nyeri Haid
  1. Mengatur diet

Nyeri haid yang dialami wanita terjadi karena proses peradangan, stres dan ketidakseimbangan nutrisi. Pola makan bisa mempengaruhi faktor-faktor tersebut sehingga penting untuk memperbaiki pola makan. Pastikan untuk mendapatkan gizi yang cukup dari makanan yang dikonsumsi sebagai upaya untuk mengatasi nyeri haid.

Seorang wanita yang mengalami nyeri haid sebaiknya juga tidak mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, terlalu asin, minuman berkafein dan bersoda, serta alkohol. Mitos yang beredar di masyarakat adalah minuman bersoda bisa mengatasi nyeri haid. Padahal, minuman bersoda bisa menyebabkan gastritis yang bisa memperburuk keadaan. Lebih baik memperbanyak konsumsi air putih daripada mengonsumsi minuman bersoda. Minum air putih bisa membuat tubuh lebih segar dan fit serta lebih sehat. Penuhi kebutuhan harian air putih minimal 8 gelas sehari atau 2 liter.

  1. Pijat

Nyeri haid bisa diatasi dengan melakukan pemijatan ringan di bagian bawah perut. Sebaiknya tidak memijat terlalu keras. Lakukan pemijatan dengan melakukan penekanan ringan dengan cara memutar dan searah jarum jam. Pemijatan yang dilakukan saat nyeri haid terjadi akan membuat otot-otot di bagian tersebut mengalami relaksasi. Kondisi ini tentu bisa meredakan nyeri haid serta bisa menenangkan tubuh. Ikuti panduan dan teknik pemijatan dengan baik serta gunakan minyak esensial yang beraroma menenangkan agar tubuh menjadi lebih rileks.

  1. Olahraga ringan

Nyeri haid juga bisa diatas dengan olahraga ringan. Hal ini dikarenakan tubuh bisa menghasilkan hormon endorfin yang bisa membantu untuk meredakan nyeri. Lakukan olahraga ringan untuk mengatasi nyeri haid seperti yoga atau jogging. Olahraga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan segar karena peredaran darah menjadi lebih lancar. Metabolisme tubuh juga akan semakin membaik. Kondisi ini tentu akan membuat asupan gizi dari makanan yang dikonsumsi bisa disirkulasikan dengan baik.

4, Mengompres dengan hangat

Nyeri haid bisa diatasi dengan mengompres dengan air hangat di bagian yang terasa nyeri. Caranya yaitu dengan merendam handukĀ  kecil pada air hangat, lalu tempelkan pada bagian perut bawah. Cara ini bertujuan untuk meregangkan otot-otot panggul, perut dan sekitarnya. Lakukan cara ini sambil berbaring dengan fetal positin agar efek yang dihasilkan menjadi lebih maksimal.

4 cara di atas bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri haid yang terjadi. Nyeri haid yang dialami wanita memang memiliki tingkat yang berbeda-beda dari ringan hingga parah. Maka cara di atas bisa dicoba terlebih dahulu. Apabila tidak menunjukkan hasil yang signifikan, maka beli obat online di Klikdokter bisa dilakukan. Pilih obat pereda nyeri sesuai kebutuhan. Atau jika masih ragu, terlebih dahulu lakukan konsultasi dengan dokter. Semua cara dan layanan di atas bisa dilakukan dengan mudah secara online hanya dengan smartphone.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>