Rahasia Sukses Manajemen Kabel Serat Optik

Mengapa manajemen kabel serat optik yang tepat sangat penting?

Penyedia layanan telah menggunakan lebih banyak dan lebih banyak kabel serat optik untuk bandwidth tinggi, biaya rendah, keandalan dan fleksibilitas yang lebih besar. Tetapi hanya menggunakan tidak cukup; jaringan serat yang sukses juga membutuhkan infrastruktur yang kuat berdasarkan sistem manajemen kabel serat optik yang profesional.

Manajemen kabel serat optik memengaruhi keandalan, kinerja, biaya, dan pemeliharaan jaringan. Ini memberikan kemampuan untuk mengkonfigurasi ulang jaringan, memulihkan layanan dan mengimplementasikan layanan baru dengan cepat.

Empat tujuan yang ingin dicapai dengan manajemen kabel serat optik profesional

  1. Lindungi kabel serat optik dari kehilangan mikro dan makro

Microbends adalah kelainan bentuk kecil pada serat optik dan macrobends adalah tikungan yang lebih besar dari kabel serat. Tekuk serat di luar radius lentur minimum yang ditentukan dapat menyebabkan kehilangan sinyal atau bahkan mematahkan serat, menyebabkan gangguan layanan.

Sebagai patokan, jari-jari lentur minimum harus lebih besar dari sepuluh kali diameter luar kabel serat. Telcordia merekomendasikan radius bending minimum 38mm untuk kabel patch serat optik 3mm.

Sistem manajemen kabel serat optik harus memberikan perlindungan radius tikungan di semua titik di mana kabel serat optik membuat tikungan. Ini membantu memastikan keandalan jangka panjang jaringan; dengan demikian mengurangi biaya operasi jaringan dengan mengurangi waktu henti jaringan.

  1. Jalur rute manajemen kabel serat optik yang terdefinisi dengan baik

Penyebab utama pelanggaran radius minimum kabel serat optik adalah rute serat yang tidak benar oleh teknisi instalasi serat.

Dalam sistem manajemen kabel serat yang tepat, jalur routing didefinisikan dengan jelas dan mudah diikuti; sedemikian rupa sehingga teknisi tidak memiliki pilihan lain selain mengarahkan kabel dengan benar.

Jalur perutean yang didefinisikan dengan baik mengurangi waktu pelatihan yang diperlukan untuk teknisi dan meningkatkan keseragaman pekerjaan yang dilakukan. Itu juga membuat mengakses serat individu lebih mudah, lebih cepat dan lebih aman.

  1. Akses mudah ke serat optik yang dipasang

Mengizinkan akses mudah ke serat yang dipasang sangat penting dalam menjaga perlindungan radius tikungan yang tepat. Sistem harus dirancang untuk memastikan bahwa serat individu dapat dipasang atau dilepas tanpa mendorong makro pada serat yang berdekatan. Aksesibilitas sangat penting selama konfigurasi ulang jaringan.

  1. Perlindungan fisik dari serat optik yang dipasang

Sistem manajemen kabel serat optik yang terdefinisi dengan baik secara fisik melindungi serat dari kerusakan yang tidak disengaja oleh teknisi dan peralatan di seluruh jaringan.

Pengadaan sistem manajemen kabel serat optik

Ketika membuat keputusan untuk membeli sistem manajemen kabel serat optik Anda, tujuannya adalah mendapatkan sistem yang paling hemat biaya yang memberikan manajemen kabel, fleksibilitas, dan kapabilitas pertumbuhan terbaik.

Pergi dengan pendekatan termurah untuk manajemen kabel serat optik dapat menghabiskan lebih banyak uang dalam jangka panjang. Sistem manajemen kabel serat yang kuat akan memungkinkan Anda untuk mengekstraksi nilai maksimum dari jaringan serat optik yang terpasang.

Menentukan Sistem Manajemen Kabel Serat: Biaya dan Nilai

Sebagai cara menekan biaya operasional, penyedia layanan di seluruh dunia semakin beralih ke integrator sistem untuk menginstal jaringan mereka.

Praktik ini memungkinkan teknisi penyedia layanan untuk fokus pada operasi dan pemeliharaan, daripada instalasi jaringan. Namun, ada risiko yang melekat dalam praktik ini.

Karena keputusan pembelian untuk sistem manajemen kabel serat bergerak dari grup teknik penyedia layanan ke kontraktor utama integrasi sistem, fitur manajemen kabel dari sistem distribusi umumnya tidak ditentukan.

Jadi, apa yang bisa terjadi adalah peralatan yang dipasang mungkin tidak memiliki fitur dan fungsi utama. Mengingat pentingnya manajemen kabel yang tepat dalam ODF, penyedia layanan perlu menentukan persyaratan dasar untuk sistem manajemen kabel.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>